Hadiah Tambah Usia

8 Oktober lalu, usiaku bertambah menjadi 20 tahun. Selama ini, aku bertanya-tanya; bagaimana rasanya berada diusia 20? Seperti apa orang ketika usianya berubah menjadi 20 tahun? Ah, banyak sekali yang aku tanyakan kepada teman-temanku yanh telah berusia 20 tahun. Jawabannya beragam. Dan 8 Oktober lalu aku pun mendapatkan jawabannya.

Rasanya sama saja.

Lalu ketika kumaknai usia 20, aku mendapatkan diriku yang bodoh bertanya dalam hati: “Memangnya apa yang kau harapan?”. Ya, apa ya yang aku harapkan?

Waktu kecil, aku bermimpi diusia 20 aku sudah memiliki buku sendiri. Buku dengan namaku tercetak hampir sebesar judulnya, dijajakan di gramedia dan gunung agung (saat itu, dua toko buku inilah yang ku kenal), dimana semua orang akan sesegera mungkin mendapatkannya begitu ia masuk ke toko buku. Waktu kecil, ada juga mimpiku untuk menjadi gitaris handal. Hari-hariku akan padat dengan jadwal konser dan aku tidak perlu bersekolah, sekolahku mungkin akan jadi sejenis home schooling. Ya, yang kuimpikan adalah pencapaian.

Meski mimpi itu baru separuh terwujud, dan bahkan untuk beberapa mimpi, mimpi itu hanya sebentuk mimpi, tapi hatiku tergerak untuk berkata: “Sungguh bodoh kau Tasya! Bersyukur! Bersyukur! Sekarang yang kau dapatkan bukankah sudah lebih dari cukup? Tapi jangan berpasrah tanpa usaha dan hanya bersyukur. Bersyukur dan cobalah untuk melangkah! Jangan melangkah ditempat terus-terusan! 20 tak akan beda jika kau tidak melangkah!”

Usia 20 mengantarkanku pada hadiah-hadiah khusus. Ucapan dan peluk cium. Salah satu hadiahnya adalah jilbab yang kukenakan di foto. Hahaha, jangan tertawa melihat wajah 20 tahunku. Terimakasih teman-teman, kadonya indah dan aku senang..

Leave a Reply

