Foto Dan Resep: Saus Bolognaise

fettucini bolognaise buatan rumah

fettucini bolognaise buatan rumah

Normalnya, aku tidak merayakan tahun baruku. Sudah sekitar tiga tahun aku hanya berdiam diri di kamar sambil mengintip indahnya kembang api di kamarku. Tapi tahun baru 2013 kemarin, kami diundang untuk sekedar ‘ngobrol’ oleh salah satu kerabat keluarga kami. Kami memang hanya mengobrol hingga tengah malam dan pulang. Tapi ada satu menu yang tidak pernah terlewatkan saat hari libur perayaan seperti natal dan tahun baru, spaghetti. Mama sangat pandai membuat saus bolognaise. Hanya saja kali ini beliau mengganti mi pasta spaghetti dengan fettucini.

Sebenarnya, beserta foto ini, aku ingin menulis beberapa paragraf singkat mengenai apa yang aku pikirkan tentang saus bolognaise. Tapi aku tergoda untuk menulis resep. Aku menulis beberapa resep a la mama dalam Bahasa Inggris dalam blog-ku yang terdahulu. Tapi kali ini aku ingin membagi resep rahasia saus bolognaise mama yang sangat enak disini.

Ini adalah versi instant-nya yang menggunakan saus tomat siap pakai. Ketika aku bertanya pada mama, bagaimana dengan pemakaian tomat asli? Beliau menjawab, akan lebih nikmat dengan tomat asli, tapi warnanya akan pucat. Untuk memulihkan warna merahnya, dibutuhkan tambahan bahan berupa pasta tomat.

Untuk bahannya, kita membutuhkan:

Sekitar 5 siung bawang putih yang diiris halus, mama menyarankan untuk menumbuk halus saja
350gr bawang bombang yang diiris memanjang
300gr -atau lebih- daging cincang
340 ml saus tomat siap pakai, setara dengan satu botol beling
air secukupnya
lada secukupnya
1 sdm gula
1/2 sdt basil atau oregano, pilih salah satu atau hilangkan keduanya, tidak masalah
garam secukupnya

Cara membuatnya pun mudah,

Pertama-tama, siapkan wajan untuk menumis bawang putih yang telah ditumbuk. Tumis hingga harum bersama bawang bombay yang telah diiris memanjang. Setelah tercium harum ‘keluarga bawang’, masukkan daging cincang dan aduk tumisan daging dan ‘keluarga bawang’ hingga daging cincang terpisah-pisah (jika dimasukkan dalam keadaan dingin), atau hingga aroma daging yang masak bercampur dengan aroma bawang. Usahakan agar tekstur kasar daging tetap terasa dengan tidak mencacah daging terlalu keras saat berada di wajan.

Selanjutnya masukkan saus tomat siap pakai kedalam tumisan dan air. Mama biasa menambahkan sekitar satu setengah atau dua cangkir air dan menunggunya hingga benar-benar mendidih dengan tetap mengaduknya. Takaran air mama bebaskan, karena menurutnya itu sesuai selera, sedangkan teknik untuk terus mengaduk sangat dianjurkan untuk menjaga agar dapat matang merata dan tidak gosong dibagian bawah.

Sambil mengaduk, tambahkan sisa bahan kedalam saus. Hati-hati dalam penambahan garam, memakai saus tertentu akan menimbulkan rasa yang berbeda. Mama sering kali tidak menambahi garam pada saus bolognaise nya. Dan aduk hingga benar-benar matang, hingga mendidih dan airnya meresap sedikit dan saus bolognaise pun siap disajikan dengan spaghetti atau fettucini.

Advertisements

2 thoughts on “Foto Dan Resep: Saus Bolognaise

  1. Pingback: Foto: Pasta! | interlude

  2. And Carbonara juga mudah, pakai ultra milk plain or creme kl mau lebih kental teksturnya.Tumis bawang bombay sampai harum dgn mentega. Tuangkan beef bacon yang sudah di potong kotak sama sausage jg bole. Campuran creme or susu plain, merica, keju parut and sedikit saos tomat. Yummy bebih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s