Line Alumni: Mempertemukan Rangga dan Cinta

Beberapa hari belakangan, di Path sering sekali ada posting tentang AADC. Mulai dari foto instagram Dian Sastrowardoyo yang memposting foto kelima personel ‘gang’ SMA AADC, sampai posting meme tentang AADC. Katanya, AADC mau dibuat film keduanya. Percaya tidak percaya akhirnya aku browsing dan menemukan satu kampanye baru dari aplikasi chatting, Line.

Mungkin banyak teman-teman yang sudah tahu tentang Line Find Alumni. Disini kita bisa menemukan teman-teman lulusan sekolah yang sama dengan kita. Cara menggunakannya pun mudah, masukan nama sekolah dan tahun kelulusan lalu kamu bisa menemukan teman-teman seangkatanmu dari sekolah yang sama.

Yang menarik adalah cara Line mempromosikan Find Alumni. Angkatan 90 awal dan 80 akhir, pasti kenal dengan film AADC atau Ada Apa Dengan Cinta? Salah satu film Indonesia yang mampu mencengangkan dunia internasional. AADC sendiri sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa dan ditayangkan tidak hanya di Indonesia. Ketika itu, aku masih duduk dibangku SD dan film ini memang menjadi bahan perbincangan teman-temanku. Kalau belum nonton AADC, bukan anak gaul deh kesannya.

Kisahnya tentang dua sejoli SMA bernama Rangga dan Cinta. Cinta, seorang gadis yang populer satu SMA, dan Rangga, anak yang baru muncul karena memenangkan lomba puisi yang memberi kesan misterius. AADC tidak hanya berkisah tentang percintaan Rangga dan Cinta tapi juga kental sekali dengan cerita persahabatan khas SMA.

Untuk mempromosikan Find Alumni, Line membuat mini drama berdurasi 10 menit 24 detik tentang kisah Rangga dan Cinta setelah 12 tahun berpisah. Setelah akhir yang menggantung 12 tahun lalu, akhirnya mereka bertemu kembali dengan Line Find Alumni, let’s say like that. Cara ini aku rasa ampuh sekali untuk mengenalkan Line Find Alumni kepada masyarakat. Selain karena mudah digunakan juga seperti yang dapat dilihat sendiri, terbukti AADC mini drama ini menjadi bahan perbincangan di media sosial.

 

Diluar dari kampanye Line, menonton video ini membuat aku kembali teringat masa sekolah dulu. Ya, memang sih aku lulus dari perguruan tinggi pun masih menunggu hari. Tapi SMA dan universitas memang jauh berbeda.

Saat AADC pertama diputar, majalah masih sangat populer. Tahu majalah Gadis? Pada masaku SD dulu, majalah ini populer sekali dikalangan remaja, karena fashion idea yang ditawarkan selalu membuat kami ingin mencobanya. Lalu ada photobox. Tempat sempit yang kami jejali untuk berfoto bersama. Lalu ada teman main bersama, yang selalu bersama-sama. Geng populer, dan geng cupu katanya. Meskipun kenyataannya ada kok orang-orang yang tidak cupu dan tidak populer. Lalu masih ada radio yang sangat-sangat populer untuk kirim-kirim salam, kaset pita, dan juga walkman. Kemana semua itu pergi ya?

Sekarang sudah beda tentu, kemajuan teknologi, semua serba online dan digital. Untuk menemukan teman-teman lama pun tidak sulit lagi. Contohnya seperti Line Find Alumni ini. Aku sih sudah coba ikut dan bergabung di sekolahku dulu, kalian bagaimana?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s