Tentang Apa yang Mereka Tidak Mengerti dan Mereka Sebut Gila

Kalau ada yang bilang aku gila. Mungkin setengah.

Aku sendiri tidak tahu pastinya apa yang membuatku seperti kesetanan. Mungkin perasaan kesal, perasaan kecewa, perasaan sedih, perasaan takut, perasaan galau yang semakin dipikirkan malah semakin membuatku gila. Apapun itu berhasil membuat aku seperti kesetanan, setengah gila, berbelanja buku lagi dan lagi.

Ini pernah aku alami waktu aku SMA. Waktu itu menjelang UAN dan rasanya semua buku yang ada di rak begitu membosankan. Aku jadi membeli buku yang tentunya tidak dapat aku baca dalam waktu dekat. Beli bukunya sih hanya satu atau dua, tapi keseringannya itu loh. Dan saat-saat itu terulang lagi. Dengan kondisi, yang aku tidak tahu apa yang sedang mengganggu pikiranku.

Padahal akhir minggu lalu aku baru cek tabungan gajiku dan memang sudah tandas hingga ke dasar-dasarnya. Tiga bulan gaji, tandas tak bersisa. Aku sudah niatkan tidak mau belanja buku setidaknya sampai buku yang kemarin-kemarin kubeli habis terbaca, atau minimal.. gajian bulan depan :p

Tapi lalu, ketika aku buka-buka review orang dan melihat satu dua buku bagus, aku malah kembali kesetanan dan membeli beberapa buku. Import pula, habis sudah. Pas cek tabungan sempat mikir dan nyesal, tapi begitu terima barangnya aku malah cengar-cengir sendiri. Menyesal? Nggak sepenuhnya.

Aku tahu, sedang ada yang tidak beres dalam diriku. Tapi jujur, aku tidak tahu apa yang tidak beres. Aku mau mencari tahu, tapi terlalu malas untuk bangkit.

Jadi yang bisa aku lakukan saat ini adalah, menikmati hasil ‘penghabisan’ ku. Menyampuli buku tanpa meratapi. Dan menikmati akhir pekan dengan ‘pacar baru’. Dan aku tahu, aku setengah gila. Tidak perlu diingatkan.

Leave a Reply

