Mari Melarikan Diri

Pekerjaanku menumpuk.

Itulah yang aku tahu sesaat setelah aku menghidupkan komputer kantor. Ada sejumlah artikel dan postingan yang belum aku jadwalkan untuk setidaknya satu minggu penuh. Sebenarnya bisa dicicil, setiap hari mengerjakan untuk dua hari ke depan. Dan itulah yang aku lakukan sekarang. Tapi rasanya itu tidak cukup memangkas waktu dan membuat aku bisa berlibur.

Terlebih, akhir-akhir ini aku merasa apa yang aku kerjakan tidak ada manfaatnya bagi aku maupun orang lain. Masalah jenuh rasanya, dan kurang membuka diri, mungkin.

Tapi intinya, karena tidak bisa berlibur dan menikmati hari liburan seperti yang aku inginkan. Jadi tidak ada salahnya untuk melarikan diri sejenak.

Jika boleh memilih, mau berlibur ke mana? Apa jawabanmu? Kalau aku, sudah jelas dan sudah pasti, ada 3 tempat yang ingin aku datangi.

Pertama, PANTAI.

Mana saja yang bisa membuat hatiku senang. Mana saja yang bisa membuat aku merasakan lembutnya pasir basah. Mana saja yang bisa menghadirkan terpaan angin dengan aroma asin air laut. Mana saja yang tenang. Mana saja yang terik dan sejuk. Mana saja yang bisa membebaskan paru-paru dan kakiku.

sdasf

ff7902a37da854cd23c09628e21eee5a

pantai1

luigAku rasa, aku tidak begitu mau repot-repot memikirkan pantai mana yang aku tuju, bagaimana aku akan ke sana, atau menginap di mana aku nantinya. Karena yang aku harapkan adalah liburan tanpa rencana. Selama ini, hidupku penuh dengan rencana dan tertata begitu rapi. Aku rasa, aku ingin bebas dari segala yang tertata itu. Mungkin agak aneh, tapi aku tidak begitu memikirkan cottage atau penginapan apapun. Aku hanya ingin lazuardi seluas mata memandang, air laut, pasir, angin.

Kedua, SEAWORLD

Alasan mengapa aku memilih SeaWorld sebagai tempat tujuan kedua adalah karena aku selalu ingin pergi ke sana. Ada lumba-lumba dan paus hidug botol yang begitu ramah dan sangat ingin aku temui di sana. Aku selalu ingat, bagaimana ketika masih kecil mendapat tontonan gratis lumba-lumba yang mengiringi Feri kami di buritan kapal. Papa selalu bilang, mereka siap membantu jika kapal tenggelam. Meski sepenuh hati berdoa untuk keselematan kami, ada satu bagian hatiku yang ingin berenang bersama lumba-lumba itu. Sejak dulu, tanganku ingin menggapai mereka.

7fde29822eadbc3a58c25bbe168fae23

large

18220d3444b1df183acca4e43bbc1993

6900b7fce34e6f8beef95a8741b9b3db

SeaWorld ditutup ya? Tapi aku dapat informasi bahwa dalam waktu dekat SeaWorld akan kembali dibuka. Aku ingin bermain bersama lumba-lumba. Membelai licinnya kulit mereka, mengecup amis aromanya, mencumbui mereka, berenang bersama mereka (ya, meskipun aku tidak bisa berenang).

Ketiga, PERPUSTAKAAN

Ketiga ini memang agak berbeda ya, bukan tempat outdoor yang bikin rileks atau bagaimana, tapi aku selalu membayangkan buku-buku apa yang akan aku baca untuk akhir pekan ini. Dan itu mau tidak mau membawaku pada angan-angan untuk membaca di sebuah ruangan yang nyaman. Dengan buku-buku yang mudah dijangkau tanganku. Dengan udara sejuk, sedikit lembab karena buku. Aroma buku yang selalu menggiurkan. Tapi lalu, kaki ku akan tersentuh hangatnya terpaan cahaya matahari yang mengintip melalui jendela.

ce6e34776034f8a4d4450e4d43c4e99f

e9b4e8dd9547d941ac61ea00f090debc

d5ad876b07aa17668a903c8fa7271e50

f260d7b1c9df932aab3c438142695d2aRasanya memang jarang perpustakaan yang memiliki ruang seperti gambar-gambar itu. Tapi setidaknya, aku ingin memiliki waktu yang cukup banyak untuk setidaknya menghabiskan waktu bersender di sofa yang empuk, dengan beludru yang menyusup di sela-sela jari kaki, dan buku ditangan. Waktu Sabtu dan Minggu yang aku punya, rasanya belum cukup banyak.

Dan dengan itu semua, lengkap sudahlah pelarian diriku. Saat ini memang aku tidak mampu melarikan diri. Tapi jika waktuku tiba nanti, aku ingin pelarian diriku benar-benar bebas, benar-benar seperti di film-film: terjadi tanpa rencana dan tanpa repot-repot berpikir.

 

*seluruh gambar yang ada di post ini diperoleh dari weheartit.com dan pinterest.com*

Leave a Reply

