Buku: P.S. I Still Love You

IMG_20150830_225737

P.S. I Still Love You

Penulis: Jenny Han
Tebal: 337 halaman
Simon & Schuster
Mei 2015

Segera setelah membaca To All the Boys I’ve Loved Before, aku segera mencari buku kedua serial ini, P.S. I Still Love You. Sayangnya, buku keduanya belum diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dan agak sulit mencari buku berbahasa asing asli di daerah tempat tinggalku. Beruntung, aku dapat membeli online di Books & Beyond. Ini pengalaman pertamaku berbelanja di Books & Beyond dan rasanya menyenangkan.

Lalu tentang bukunya, Lara Jean dan Peter akhirnya memulai hubungan yang serius, tidak lagi sekedar pura-pura untuk menyelamatkan harga diri masing-masing. Keduanya kini memiliki rasa saling suka dan mulai menjalani kebersamaan dengan serius. Tapi tentu saja, bukan cerita kalau tidak ada konflik. Mulai dari tersebarnya video Lara Jean dan Peter di pemandian air panas, hingga munculnya cowok baru dari masa lalu yang mendekati Lara Jean!

Masih sama seperti To All the Boys I’ve Loved Before, P.S. I Still Love You menyajikan cerita khas remaja dengan bahasa yang ringan dan momentum-momentum manis. Pada awal aku membaca cerita P.S. I Still Love You, aku merasa seperti tetap berada di To All the Boys I’ve Loved Before. Mungkin karena bagian keduanya sangat erat dan berhubungan. Namun demikian, aku bisa bilang kalau dua buku ini berbeda.

Mulai dari cerita, Lara Jean di buku kedua ini lebih banyak membahas mengenai aktivitasnya sebagai volunter. Tidak banyak momentum manis ia bersama dengan Peter sebanyak di buku pertama. Jadi, jika kamu mengharapkan buku kedua penuh adegan manis, sudah pasti itu salah sasaran.

Tokohnya di buku kedua ini pun lebih hidup. Aku bisa katakan demikian karena sejak awal, Genevive yang ku kira memerankan tokoh antagonis tidak dikupas tuntas dalam buku pertama, nah buku kedua ini memberikan gambaran bagus dan lebih hidup tentang Genevive.

Selain itu, P.S. I Still Love You pun menyajikan pesan yang lebih mendalam tentang persahabatan, cinta, dan pendewasaan diri. Pesan-pesan ini pun disampaikan dengan cara yang ringan namun lebih mengena. Itulah mengapa aku memberikan empat bintang dari lima kepada buku ini.

Aku sempat berharap aku menemukan lebih banyak adegan manis Lara Jean dan Peter pada P.S. I Still Love You. Sayangnya, itu tidak berjalan sesuai harapanku. Hubungan di antara keduanya berjalan berbeda  dan jelas tidak sesuai dengan apa yang aku bayangkan. Mereka tidak lagi semanis buku pertama. Tapi tetap saja, aku menyukai kedua buku ini.

Aku merekomendasikan dua serial ini untuk para remaja, karena cerita yang bagus, penuh humor, dan bahkan terdapat pesan yang dapat kamu ambil di dalamnya. Membaca dua buku Jenny Han, aku jadi bertanya-tanya dengan buku Jenny Han lainnya. Aku pasti akan membeli bukunya.

Leave a Reply

