Recap! Buku Favorit 2015

2015 tinggal menghitung jam! 1 hari sekian jam lagi sudah berganti menjadi tahun 2016. Karena nggak akan bisa bikin Recap Moment 2015, jadi posting kali ini aku ingin posting 3 buku yang sudah ku baca di tahun 2015 dan aku suka banget.

norwegian-wood-nazta-saari-blog

Norwegian Wood oleh Haruki Murakami

Bukan baper, tapi mungkin hampir semua orang punya lagu yang mengingatkan diri kepada satu peristiwa atau orang-orang tertentu.

Diceritakan seorang mahasiswa pendiam, kaku, dan sangat serius bernama Toru Watanabe. Ia memendam perasaannya, mengutarakannya, dan menunggu dengan setia pujaan hatinya, Naoko. Namun hubungan keduanya tidak berjalan mulus karena bayang-bayang sahabat Toru yang juga mantan kekasih Naoko, Kizuki, yang mati karena bunuh diri. Meskipun Toru yakin Naoko memiliki perasaan yang sama dengannya, tetap saja Naoko menahan dirinya karena selalu teringat sosok Kizuki. Sementara Toru perlahan-lahan mulai menempatkan dirinya pada persimpangan ketika ia mengenal seorang gadis atraktif dari kampusnya, Midori. Norwegian Wood adalah sebuah lagu yang dipopulerkan oleh The Beatles, dan lagu itu selalu mengingatkan Toru tentang sosok Naoko.

Secara personal, aku suka Norwegian Wood. Karena bagiku cerita yang ada di dalam buku ini bukan sekedar cerita cinta anak kuliahan. Ada budaya dan politik Jepang yang disisipkan di dalam buku ini. Ceritanya seksi, tapi penuh pembelajaran dan makna. Yang paling aku suka adalah cara Haruki Murakami menuturkan ceritanya; dengan kata-kata yang sederhana menjadi paragraf yang indah dan cerita yang eksotis. 4 dari 5 bintang untuk buku ini. 1 bintanganya hilang dihembus akhiran yang menggantung (OH YEAH! Lagi-lagi terlalu seenak jidat kasih skor. To be, honest this book worth 5 stars out of 5)

Karakter yang paling aku suka adalah karakter Midori. Dia benar-benar menggambarkan sosok wanita feminis, bebas dalam bertindak, berpikir, dan berucap, tapi dengan cerdas dapat mengontrol dirinya. Ada sesuatu yang ditinggalkan ketika karakter Midori datang dan pergi di bagian-bagian cerita. Sesuatu yang hanya bisa dirasakan oleh pembacanya langsung.  Buku ini sudah dibuat ulang menjadi film kalau ada yang mau nonton, dan kalau ada yang tahu link streaming atau downloadnya, tolong komentar di bawah atau email saya!

to-all-the-boys-ive-loved-before-by-jenny-han

To All the Boys I’ve Loved Before oleh Jenny Han

Kalau Norwegian Wood ceritanya terlalu dewasa, To All the Boys I’ve Loved Before menyajikan cerita khas remaja.

Ceritanya adalah tentang seorang pelajar SMA bernama Lara Jean yang entah bagaimana berada di posisi sulit. Di mana surat-surat cinta yang ditulis namun tidak pernah ia kirimkan pada pujaan hatinya dikirimkan oleh seseorang. Semua mantan pujaan hatinya menerima surat cinta dari Lara Jean. Tidak terkecuali Josh, yang merupakan pacar kakaknya! Berada di posisi terjepit, Lara Jean pun mencari alasan dan membuat kebohongan-kebohongan tanpa akhir yang melibatkan Peter, cowok populer se-SMA.

Rumit. Bisa dibayangkan, RUMIT. Bagi anak SMA itu sih bener-bener bikin malu ya. Aku yang baca aja sampe malu sendiri (apaan sih). Despite of that, buku ini jadi salah satu buku favorit ku, meskipun Jenny Han menulis buku ini bersambung tapi buku pertama ini benar-benar jadi favoritku. Alasannya adalah karena ceritanya ringan, menghibur, dan paragraf pembaginya pendek-pendek. Pas untuk remaja.

Membaca buku ini entah kenapa membuat diriku seperti anak SMA lagi. Kegirangan ketika membaca bagian-bagian di mana Lara Jean dan Peter harus berpura-pura dan saling menutupi kebohongan yang mereka buat. Ujung-ujungnya, aku menemukan diriku terjebak dalam forum Team Peter yang isinya anak sekolah menengah. Tapi serius, buku ini lucu.

Baca ulasan selengkapnya di sini.

Pulang karya Leila S. Chudori

Pulang oleh Leila S. Chudori

Berberda dari dua buku sebelumnya, buku Pulang karya Leila S. Chudori ini merupakan buku dengan genre yang berbeda. Memang ada romansanya, tapi yang lebih menonjol dari buku ini adalah nasionalismenya, politiknya, yang entah mengapa menghipnotisku hingga aku jatuh cinta pada buku ini.

Aku tidak akan menguraikan sinopsisnya, karena buku ini terlalu istimewa dan sayang untuk dilewatkan. Selain itu mungkin satu paragraf tidak akan cukup untuk menguraikan sinopsisnya. Tapi yang jelas Pulang benar-benar bercerita tentang arti sebuah rumah di hati pemiliknya. Rumah dalam arti yang luas. Tempat jiwa dan raga bisa berpulang, bisa benar-benar merasa nyaman, hingga akhirnya dapat beristirahat.

Yang menarik dari buku ini adalah, meskipun kental dengan bumbu politik, buku ini tetap segar dengan cerita-cerita sosial, roman, dan semangat yang diuraikan di dalamnya. Sudut pandang yang semau penulisnya juga membuat aku terkesan. Karena awalnya ku pikir sudut pandang seperti ini akan membingungkanku, tapi ternyata tidak. Penulisnya dengan lihai mengisi kekosongan demi kekosongan dari satu bab ke bab lainnya melalui cerita dari sudut pandang yang satu dan lainnya.

Baca ulasan selengkapnya di sini.

 

3 Buku tersebut adalah buku favoritku di tahun 2015 ini. Meskipun tidak semuanya diterbitkan di tahun 2015, tapi aku bersyukur bisa membaca mereka di tahun 2015. Masih ada buku-buku lainnya yang aku baca di tahun 2015 dengan cerita yang seru dan bintang nyaris penuh. Semuanya bisa dilihat di halaman Goodreads ku.

Ada buku bagus untuk tahun 2016? Atau mau share buku favorit 2015 juga? Please do not hesitate to leave your comment bellow or send me email on ‘contact’ form. Insyaa Allah aku akan mampir ke blog kalian untuk baca-baca. Semoga 2016 nanti banyak buku bagus dan lebih bermakna untuk dibaca ya 🙂

 

Advertisements

3 thoughts on “Recap! Buku Favorit 2015

    • Hai salam kenal juga,
      Harus baca kalau belum, hehehe..
      Ada beberapa bagian yang sangat terasa sudut pandang jurnalisnya, dan ini malah membuat alur cerita semakin segar. Wajib baca pokoknya 🙂

  1. Pingback: Buku: The Strange Library | interlude

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s